Mengenal Nama Domain, Fungsi serta Jenis-Jenisnya

·

·

macam domain .id .com

Memilih nama domain adalah salah satu aspek terpenting dalam membangun situs web atau kehadiran online secara umum.

Domain adalah alamat unik untuk situs web yang terdiri dari nama situs web dan ekstensi nama domain. Panduan ramah pemula ini akan menjelaskan semua hal yang perlu Anda ketahui tentang nama domain, termasuk cara kerjanya dan mengapa Anda memerlukannya. Kami juga akan menjelaskan langkah-langkah untuk mendapatkan nama domain dan menjawab beberapa pertanyaan yang sering diajukan

Apa yang dimaksud dengan Nama Domain?

domain website

Nama domain adalah padanan alamat fisik situs web Anda. Nama ini membantu pengguna menemukan situs Anda dengan mudah, alih-alih menggunakan alamat protokol internet (IP). Nama ini terdiri dari nama dan ekstensi adalah bagian penting dari infrastruktur internet.

Perbedaan Antara Nama Domain dan URL

Meskipun nama domain dan Universal Resource Locator (URL) memiliki beberapa kesamaan, namun keduanya berbeda. URL berfungsi sebagai alamat web lengkap yang dapat mengarahkan pengunjung ke halaman tertentu di sebuah situs. Nama domain hanyalah salah satu bagiannya.

Selain itu, URL juga terdiri dari protokol, domain, dan path. Protokol menunjukkan apakah sebuah situs memiliki sertifikat SSL. Perhatikan bahwa URL memiliki jalur hanya jika mereka mengarahkan pengunjung ke halaman tertentu di sebuah situs.

Bagaimana Cara Kerja Domain?

Setiap situs web memiliki dua elemen utama – nama domain dan server hosting web. Semua nama domain ditautkan ke alamat IP masing-masing dan mengarah ke server web tertentu yang meng-host situs web.

Saat pengguna memasukkan domain ke dalam browser, browser akan mencari alamat IP yang terkait melalui jaringan global server Domain Name System (DNS).

Selanjutnya, server dengan informasi tentang alamat IP mengembalikannya ke browser web, yang meminta data tentang situs dari layanan hosting domain. Server web ini menyimpan semua data situs web, termasuk file, basis data, dan kode HTML.

Setelah host mengirimkan data kembali, browser web mengubahnya menjadi halaman web yang dapat dikunjungi pengguna.

Mengapa Saya Membutuhkan Nama Domain?

Berikut ini beberapa alasan mengapa Anda membutuhkan domain untuk bisnis atau proyek Anda:

Mudah diingat. Audiens Anda secara teknis bisa mengunjungi situs web Anda tanpa domain dengan memasukkan alamat IP-nya. Namun, karena terdiri dari serangkaian angka, nama domain sulit untuk diingat. Nama ini membantu situs web lebih mudah diakses oleh pengguna internet.
Pencitraan merek yang efektif. Domain yang dipikirkan dengan matang akan membantu mengomunikasikan proyek atau bisnis Anda dengan cara yang selaras dengan nilai dan misi merek Anda.
Kredibilitas. Situs web yang menggunakan domain khusus akan terlihat lebih profesional dibandingkan situs web yang memiliki domain gratis, seperti yourwebsite.website.com.
Alamat email khusus. Dengan memiliki domain, Anda dapat membuat akun email bisnis yang unik dan profesional, seperti nama@domainmu.com. Hal ini juga membuat presentasi Anda konsisten di berbagai saluran online.
SEO. Nama domain yang mudah diingat dengan kata kunci yang relevan akan berdampak positif pada pengoptimalan mesin pencari situs web Anda, sehingga meningkatkan peringkatnya di mesin pencari.
Berbagai Jenis Domain
Jenis nama domain yang berbeda dapat mengungkapkan lebih banyak informasi tentang situs web. Berikut adalah beberapa jenis yang paling umum:

TLD: Domain Tingkat Atas
Domain tingkat teratas adalah ekstensi domain. Berbagai TLD tersedia secara online, tetapi domain .com adalah yang paling populer, dengan lebih dari 54% dari semua situs web menggunakannya. Ekstensi yang populer mendorong lalu lintas organik yang tinggi karena pengguna sering menulisnya secara default. Pilihan populer lainnya adalah .net, .io, dan .store TLD.

Namun, ekstensi yang kurang populer, seperti .online, sering kali lebih murah dan dapat membuat domain menjadi lebih unik. Contoh domain murah lainnya adalah .tech, .site, dan .shop. Dengan meningkatnya jumlah situs web baru yang dibuat setiap hari, popularitas domain tingkat atas tertentu juga dapat berubah di masa mendatang.

Kunjungi Internet Assigned Numbers Authority (IANA) untuk mengetahui daftar resmi semua TLD yang sah.

ccTLD: Domain Tingkat Atas Kode Negara
Domain tingkat atas kode negara adalah ekstensi khusus untuk negara tertentu. Domain ini terdiri dari dua huruf berdasarkan kode negara internasional.

Beberapa platform membantu menemukan kode negara yang benar, seperti database Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO). Sebagai ilustrasi, situs dari Jepang menggunakan .jp sebagai ekstensi mereka, sedangkan domain .us sebagian besar didaftarkan untuk situs web yang berbasis di Amerika Serikat, dan seterusnya.

Contoh lain dari ccTLD yang bisa Anda daftarkan di Hostinger:

.se – Swedia
.lt – Lithuania
.in – India
.de – Jerman
.it – Italia
ccTLD berguna untuk perusahaan yang berfokus pada negara tertentu. Dengan cara ini, perusahaan internasional dapat membedakan konten mereka untuk wilayah yang berbeda.

Sebagai contoh, BBC menggunakan bbc.co.uk sebagai domain Inggris mereka dan menargetkan penduduk setempat dan bbc.com untuk audiens internasional.

gTLD: Domain Tingkat Atas Generik
Domain tingkat atas generik adalah ekstensi yang tidak bergantung pada kode negara. Tidak ada kriteria khusus untuk mendapatkan gTLD. Namun, beberapa ekstensi disponsori oleh lembaga atau organisasi tertentu. Namun demikian, Anda harus berhati-hati agar tidak membingungkan pengunjung, karena beberapa domain memiliki asosiasi tertentu. Misalnya, ekstensi .org diasosiasikan dengan situs organisasi.

Beberapa TLD generik dicadangkan untuk jenis pendaftar tertentu. Misalnya, lembaga akademik dapat menggunakan .edu, dan lembaga pemerintah dapat menggunakan .gov. Jika perusahaan atau proyek Anda tidak termasuk dalam kategori tertentu, Anda tidak akan dapat menggunakan TLD generik yang terkait dengannya, tetapi Anda dapat menggunakan ekstensi populer sebagai gantinya, seperti .com atau domain .net alternatif pertama, .xyz, atau .icu.

Jenis Nama Domain Lainnya
Kita telah membahas berbagai jenis ekstensi di atas. Berikut ini adalah struktur lain yang tersedia:

Domain Tingkat Kedua

Domain tingkat kedua (SLD) berada di bawah TLD. SLD adalah bagian nama domain yang terletak di sebelah kiri titik terakhir. Misalnya, www.hostinger.com – hostinger adalah SLD, dan .com adalah TLD.

Beberapa pendaftar nama domain menggunakan domain tingkat kedua untuk menunjukkan entitas tertentu yang mendaftar. Misalnya, institusi akademik di Inggris kebanyakan mendaftarkan situs web di bawah .ac.uk. dan perusahaan komersial yang beroperasi di Australia lebih memilih nama domain .com.au.

Subdomain

Subdomain menunjukkan divisi terpisah dari domain induk yang masih menggunakan server yang sama. Tidak perlu mendaftarkan subdomain. Secara teknis, www pada sebagian besar URL adalah subdomain yang menunjukkan bahwa sebuah situs merupakan bagian dari world wide web.

Alasan paling umum untuk membuat subdomain adalah untuk mengatur dan membagi konten web menjadi beberapa bagian yang terpisah. Sebagai contoh, Google menggunakan developers.google.com untuk menyediakan informasi spesifik bagi para pengembang.

Kegunaan lain dari subdomain adalah untuk membuat situs web lain dengan nama yang sama tetapi dalam bahasa yang berbeda. Ambil contoh Wikipedia – Wikipedia memiliki subdomain terpisah untuk setiap bahasa. Wikipedia menggunakan en.wikipedia.org untuk versi bahasa Inggris dan es.wikipedia.org untuk versi bahasa Spanyol.

Domain Gratis

Pembuat situs web, seperti WordPress.com, atau sistem manajemen konten, seperti Blogger, sering kali menawarkan nama domain gratis untuk pengguna baru. Biasanya, para pemula mengambil kesempatan ini untuk membuat situs web mereka sebelum menginvestasikan uang ke dalamnya.

Alamat web gratis sering kali mengikuti struktur yang sama dengan subdomain. Sebagai contoh, alih-alih hostingertutorials.com, domainnya adalah hostingertutorials.wordpress.com atau hostingertutorials.blogspot.com.

Perlu diingat bahwa mendapatkan domain gratis sering kali dilengkapi dengan fitur dan alat yang minimal.

Cara Mendaftarkan Nama Domain
Mulailah dengan membuka pembuat nama domain. Gunakan alat pemeriksa domain berikut ini untuk memeriksa apakah nama yang Anda inginkan masih tersedia.

Untuk menemukan domain yang tepat, pertimbangkan merek dan biaya. Pastikan domain tersebut mudah diingat, menarik, dan sesuai dengan anggaran Anda.

Nama domain yang populer biasanya lebih mahal dan mungkin sudah ada yang memiliki. Beberapa generator menyediakan opsi jika domain yang Anda inginkan tidak tersedia. Dengan layanan hosting seperti Hostinger, pengguna dapat memilih top-level domain (TLD) yang berbeda dengan nama yang sama atau alternatif.

Setelah Anda menemukan nama domain yang valid, gunakan pendaftar yang dapat dipercaya untuk membeli domain tersebut. Untuk menemukan daftar pendaftar nama domain yang sah, periksa basis data ICANN.

Jika Anda memilih untuk menggunakan layanan registrasi domain Hostinger, ikuti langkah-langkah berikut:

Pilih domain yang Anda inginkan dan lanjutkan ke pembayaran.
Pilih periode pendaftaran untuk domain Anda. Perlindungan privasi domain disertakan secara gratis. Fitur ini mengamankan informasi pribadi Anda di database WHOIS dan mencegah pencurian identitas melalui alat pencarian WHOIS.
Setelah pembayaran, akses akun baru Anda.
Selesaikan proses pendaftaran dengan memasukkan informasi yang diperlukan, termasuk nama dan alamat pos Anda.
Setelah pendaftaran domain selesai, Anda akan memiliki akses ke panel kontrol dengan semua alat manajemen penting.


Buat Bisnismu naik level

Konsultasikan permasalahan bisnismu gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to content