Domain vs Hosting: Definisi dan Perbedaan, Jangan sampai salah

·

·

domain hosting server

Perbedaan utama antara domain dan hosting adalah bahwa domain adalah alamat, yang memungkinkan pengunjung menemukan situs web Anda secara online dengan mudah, sedangkan hosting adalah tempat penyimpanan file-file situs web. Untuk memiliki situs web yang berfungsi, Anda memerlukan keduanya – domain dan ruang hosting.

Karena kedua elemen ini saling mendukung, maka sangat penting untuk memahami perbedaan di antara keduanya sebelum membuat situs web.

Artikel ini akan menjelaskan semua hal yang perlu Anda ketahui tentang domain dan hosting, cara kerjanya, dan apa yang membedakan keduanya.

Nama Domain

Nama domain mengacu pada URL yang diketikkan orang di bilah alamat browser web untuk mengakses situs Anda. Dengan kata lain, nama domain menawarkan cara yang mudah bagi orang untuk mengakses situs web.

Tanpa nama domain, mereka harus menggunakan label numerik yang diberikan pada setiap situs web dan server di internet, yang juga dikenal sebagai alamat IP.

Umumnya, nama domain terdiri dari dua bagian utama – domain tingkat kedua (SLD) dan domain tingkat atas (TLD). Domain tingkat kedua biasanya terdiri dari kata atau frasa, sedangkan domain tingkat atas adalah ekstensi yang telah ditentukan sebelumnya.

Misalnya, dalam kasus google.com, domain tingkat kedua adalah google, dan .com adalah TLD. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang nama domain dan cara kerjanya, baca panduan ramah pemula kami.

Untuk mendapatkan nama domain bagi situs web Anda, Anda perlu mendaftarkannya terlebih dahulu. Registrasi domain adalah proses pemesanan nama di internet untuk jangka waktu tertentu. Biasanya, Anda perlu memperbarui lisensi sekali per tahun, tetapi Anda bisa membayar di muka hingga 10 tahun agar domain bisa didaftarkan atas nama Anda.

Perusahaan atau organisasi yang menjual dan mengelola pendaftaran nama domain disebut pendaftar domain. Registrar domain terdaftar di bawah ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers), sebuah otoritas yang mengoordinasikan dan mengelola basis data domain di internet.

Namun, sebelum melanjutkan ke pendaftaran domain dengan registrar domain, penting untuk memeriksa ketersediaan domain khusus Anda. Di Hostinger, kami menawarkan alat bantu pencarian nama domain untuk membantu Anda.

Pemeriksa domain akan menampilkan ketersediaan domain yang Anda pilih dan berbagai ekstensi domain, beserta harganya. Jika domain tersebut sudah dimiliki orang lain, pemeriksa domain akan menawarkan beberapa alternatif. Jika nama domain yang Anda sukai sudah digunakan, cobalah pembuat nama domain untuk membantu Anda mendapatkan nama yang unik!

Jenis Ekstensi Domain dan Harga

Ekstensi domain atau domain tingkat atas (TLD) mengacu pada bagian terakhir dari nama domain.

Seperti namanya, TLD mengklaim tempat tertinggi pada hierarki DNS (sistem nama domain) internet. Ada ratusan TLD yang tersedia di web, yang dikelola dan diperbarui secara berkala oleh IANA (Internet Assigned Numbers Authority).

IANA mengelompokkan TLD ke dalam empat kategori utama berdasarkan tujuan dan lokasinya, yaitu:

gTLD (Domain Tingkat Atas Generik). Nama domain yang paling umum digunakan karena sesuai dengan tujuan situs web apa pun. Termasuk di dalamnya adalah .com, .org, dan .net yang sudah dikenal luas, serta nama-nama unik lainnya seperti .xyz, .biz, dan .tech.
sTLD (Domain Tingkat Atas Bersponsor). Domain ini dibatasi untuk organisasi dan kelompok tertentu. Contoh yang umum adalah .gov untuk situs pemerintah, .edu untuk institusi pendidikan, dan .post untuk layanan pos.
ccTLD (Domain Tingkat Atas Kode Negara). Domain ini mencatat bagian tertentu dari wilayah atau lokasi di bawah kode ISO. Misalnya, .us untuk Amerika Serikat, .in untuk India, .es untuk Spanyol, .id untuk Indonesia, dan .co.uk untuk Inggris.
Domain Tingkat Atas Infrastruktur. Domain ini hanya terdiri dari satu nama domain, yaitu .arpa, yang mewakili ARPA (Address and Routing Parameter Area). Nama domain ini terutama dicadangkan untuk mengatasi masalah infrastruktur internet. Idealnya, TLD harus mewakili tujuan situs Anda. Misalnya, domain .club harus digunakan untuk situs klub, .org – untuk organisasi, .com – untuk situs web komersial, dan seterusnya.
Jika Anda ingin mendaftarkan nama domain, ada baiknya Anda mengetahui semua pilihan Anda untuk menemukan ekstensi yang sempurna.

Setelah Anda menemukan opsi yang sesuai, sekarang saatnya mendaftarkannya. Untuk mendaftarkan nama domain di Hostinger, klik tombol Tambahkan ke Keranjang di samping domain yang Anda pilih.

Apa itu Web Hosting?

Dalam tutorial ini, Anda akan mempelajari apa itu web hosting dan semua yang perlu Anda ketahui sebelum membuat situs web.

Layanan hosting web memungkinkan Anda mempublikasikan situs web di internet. Jika Anda membeli layanan hosting dari penyedia, Anda akan mendapatkan sebagian server web mereka untuk menyimpan file dan data situs web Anda.

Setiap kali seseorang mengetikkan nama domain situs web Anda, penyedia web hosting Anda akan bertanggung jawab untuk mengirimkan kontennya kepada pengunjung.

Host web juga menyediakan alat yang ramah pemula untuk semua pengguna sehingga Anda dapat mengelola situs web dengan sedikit atau tanpa keahlian teknis. Selain itu, penyedia hosting biasanya menawarkan dukungan pelanggan, pemeliharaan server, dan pembangun situs web untuk membantu pengguna membuat dan memelihara situs mereka.

Selain menyimpan berkas-berkas situs web, host web melindungi server dan berkas-berkas situs web Anda dari serangan berbahaya.

Beberapa perusahaan web hosting, seperti Hostinger, juga menyediakan registrasi domain untuk membantu Anda membuat situs web dengan lebih cepat dan efisien.

Meskipun demikian, sangat penting untuk melakukan riset menyeluruh sebelum memilih perusahaan hosting. Ada beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan, termasuk:

Keramahan pengguna

Setiap host web menyediakan panel kontrol untuk mengelola akun hosting web Anda. Pastikan dasbor yang ditawarkan mudah digunakan dan memiliki fungsionalitas yang luas.

Kecepatan dan waktu aktif server.

Pilihlah perusahaan web hosting yang memastikan kecepatan loading yang cepat dan menawarkan jaminan uptime yang sangat baik sehingga situs Anda mengalami downtime yang minimal.

Harga dan paket

Sebelum membeli paket hosting, ada baiknya Anda mempertimbangkan biaya pengaya dan perpanjangan yang sesuai dengan anggaran Anda dalam jangka panjang.

Layanan pelanggan

Pilihlah perusahaan hosting dengan tim dukungan yang dapat diandalkan untuk memberikan bantuan segera saat mengalami masalah teknis.
Untuk membantu Anda, kami menyiapkan beberapa ulasan singkat tentang fitur-fitur yang ditawarkan oleh penyedia hosting yang paling populer.

Mendaftar untuk web hosting di Hostinger cukup mudah. Cukup daftar menggunakan email Anda dan pilih salah satu paket web hosting yang tersedia.

Jenis-Jenis Hosting Situs Web dan Harga

Hosting web

Mulai dari $1,99/bulan hingga $3,99/bulan, jenis hosting ini adalah tempat beberapa situs web berbagi peladen fisik yang sama dan memiliki sejumlah penyimpanan dan sumber daya. Shared hosting adalah opsi yang paling terjangkau dari semuanya dan sangat cocok untuk bisnis kecil atau situs web pribadi.

Hosting VPS

Server fisik secara virtual dipisahkan menjadi beberapa partisi, memberi pengguna lingkungan pribadi dengan sumber daya khusus mereka. Jenis hosting ini sangat cocok untuk situs web dengan lalu lintas sedang hingga tinggi. Paket hosting VPS berkisar dari $5.99/bulan hingga $21.99/bulan.

Cloud hosting

Ini menggunakan sekelompok server yang berbeda untuk meng-host situs web. Kapan pun satu server mengalami downtime, server lain dengan cepat masuk untuk menjaga situs Anda tetap berjalan. Cloud hosting merupakan solusi ideal untuk situs yang membutuhkan ketersediaan tinggi, seperti toko eCommerce. Harganya berkisar antara $9,99 hingga $29,99/bulan.

Kelola hosting WordPress

Ini menyediakan lingkungan, kinerja, dan keamanan yang dioptimalkan untuk hosting situs WordPress. Paket hosting ini menawarkan fitur-fitur terkait WordPress dan opsi-opsi kustomisasi, sehingga Anda dapat dengan mudah mengelola dan mengembangkan situs Anda. Paket hosting terkelola WordPress berkisar dari $2.99/bulan hingga $9.99/bulan.
Hosting email. Layanan web hosting memungkinkan Anda untuk membuat alamat email khusus berdasarkan nama domain Anda (misalnya, janedoe@yourdomain.com). Harga paket hosting email mulai dari $0,99 hingga $2,49/bulan.

Jika Anda baru memulai, kami sangat menyarankan untuk menggunakan web hosting terlebih dahulu – harganya terjangkau, terkelola sepenuhnya, dan mudah digunakan. Anda tidak memerlukan latar belakang teknis apa pun, karena tim Hostinger mengelola setiap teknis back-end.

Di sisi lain, jika Anda memiliki pengetahuan teknis dan ingin lebih banyak kontrol untuk mengelola peladen Anda sendiri, VPS dan cloud hosting adalah pilihan yang tepat. Semuanya tergantung pada anggaran Anda dan jenis situs web yang ingin Anda bangun.

Bagaimana Nama Domain dan Hosting Web Bekerja Sama untuk Membuat Situs Web?

Domain dan hosting bekerja beriringan – bayangkan alamat IP dan nama domain Anda sebagai alamat situs web Anda, dan web hosting adalah rumah yang sebenarnya. Tanpa web hosting, situs Anda tidak akan bisa eksis di internet.

Oleh karena itu, Anda perlu menyinkronkan dan mengarahkan nama domain Anda ke penyedia web hosting setelah Anda membelinya.

Agar tidak terlalu merepotkan, kami sangat menyarankan untuk membeli nama domain dan web hosting dari tempat yang sama. Dengan cara ini, Anda tidak perlu khawatir untuk menautkannya secara manual, dan Anda bisa langsung mulai membuat situs web.

Mari kita bahas secara singkat langkah-langkah cara membuat situs web:

Pilih nama domain Anda dan periksa ketersediaannya menggunakan cek domain. Pilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, selesaikan pesanan, dan selesaikan registrasi domain.
Buat akun di Hostinger dan pilih paket hosting yang sesuai untuk situs web.
Pilih platform untuk mulai membangun situs Anda – pembangun situs web, skrip eDagang, atau CMS (sistem manajemen konten). Dengan Hostinger, Anda memiliki opsi untuk menggunakan pembangun situs atau CMS populer seperti WordPress, Joomla, atau Drupal.
Sesuaikan situs web Anda, unggah berkas, dan tambahkan konten. Terakhir, ketika Anda sudah siap – publikasikan.
Kesimpulan
Meskipun sangat berbeda, banyak orang masih belum mengetahui perbedaan antara nama domain dan web hosting. Keduanya merupakan elemen penting dalam pembuatan situs web dan memiliki fungsi yang berbeda.

Berikut ini adalah ringkasan dari kedua elemen tersebut:

Nama domain adalah serangkaian karakter yang mengidentifikasi sebuah situs web. Inilah yang diketikkan pengguna di browser mereka untuk mengunjungi situs Anda.
Web hosting adalah layanan yang menyediakan ruang di server untuk file situs web Anda, sehingga memungkinkannya tersedia di internet. Ketika pengunjung mengakses nama domain Anda, penyedia hosting akan mentransfer file-file tersebut ke browser web mereka.
Kami harap artikel ini membantu Anda mempelajari perbedaan antara nama domain dan web hosting serta bagaimana keduanya berjalan beriringan ketika memperkuat situs web.


Buat Bisnismu naik level

Konsultasikan permasalahan bisnismu gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to content