Apa Itu Digital Advertising? ini panduan lengkapnya

·

·

man work standing with laptop

Iklan Digital telah menjadi kenyataan sehari-hari bagi bisnis-bisnis dari berbagai ukuran. Jika kamu ingin memperluas merek kamu dan menjual produk atau layanan kamu di luar wilayah lokal kamu, sekarang adalah waktu yang tepat untuk merangkulnya. Sayangnya, banyak orang yang mencoba digital advertising untuk pertama kalinya merasa agak kewalahan. Ada banyak pendekatan, saluran, strategi, dan taktik yang harus dipelajari. Tetapi semua belum hilang! Dalam panduan ini, kita akan mencakup segala yang perlu kamu ketahui untuk memulai, mengklarifikasi kekhawatiran kamu, dan membawa kamu menuju kesuksesan dalam Digital Advertising.

Apa Itu Digital advertising?

Pertama, “Digital advertising” adalah istilah payung yang menggambarkan setiap aktivitas online oleh bisnis yang bertujuan untuk mendapatkan pengikut, pengunjung situs web, surel, atau informasi penting lainnya tentang pasar target.

Digital Advertising adalah “ujung tajam” dari Digital advertising. Ini pada dasarnya bertujuan untuk menghasilkan prospek atau penjualan. Tetapi seperti upaya pemasaran lainnya, ini adalah cara untuk memamerkan dan mempromosikan perusahaan, merek, produk, atau layanan kamu secara online.

Kamu dapat melihat Digital Advertising dalam aksi di berbagai saluran. Ini termasuk media sosial, mesin pencari, dan situs web, serta melalui email, aplikasi, video, podcast, dan lainnya.

Sebagai pemasar, tujuan kamu adalah untuk menargetkan audiens kamu dengan pesan yang relevan dan tepat waktu yang mendorong mereka untuk mengklik ke situs web atau halaman pasar kamu untuk melakukan pembelian.

Mengapa Digital Advertising Penting bagi Bisnis Kecil dan Menengah (UKM)?

Digital Advertising (dan pemasaran) sulit diabaikan bagi bisnis-bisnis kecil, terutama selama kemungkinan penurunan ekonomi. Tetapi pada saat-saat seperti ini, penting sekali untuk tetap terlintas dalam pikiran, membangun kesadaran merek, dan mencapai pelanggan baru.

Namun, terlepas dari situasi ekonomi, pemasaran dan iklan online telah terbukti jauh lebih hemat biaya daripada iklan tradisional (seperti iklan TV, radio, dan cetak)—terutama untuk UKM.

Ini juga jauh lebih mudah untuk menargetkan audiens yang tepat pada waktu yang tepat melalui Digital Advertising.

Jika kamu pernah mencoba menjalankan iklan online, kamu akan melihat bahwa platform iklan media sosial dan pencarian memiliki alat-alat pembangunan audiens dan penargetan yang sangat rinci. Ini membantu kamu memastikan bahwa kamu mencapai orang-orang yang tepat dengan pesan yang tepat—dan pada waktu yang tepat.

Selain itu, ini memungkinkan kamu mencapai lebih banyak orang daripada yang bisa kamu lakukan melalui rekomendasi dari mulut ke mulut atau iklan setengah halaman di surat kabar lokal kamu.

Dan, karena berbasis digital, digital advertising membuatnya jauh lebih mudah untuk melacak kemajuan, mengukur dan mengatribusi hasil, serta memperbaiki kampanye pemasaran kamu seiring berjalannya waktu.

Digital Advertising channel untuk UKM

Saluran pemasaran digital adalah platform online, situs web, dan aplikasi di mana kamu menjalankan kampanye pemasaran kamu. Di bawah ini kami telah mencantumkan saluran yang paling mungkin kamu gunakan dengan Digital Advertising dan kampanye konten kamu sendiri.

Company Website

Ketika berbicara tentang Digital Advertising, memulai dengan kehadiran online kamu sendiri sangat penting. Pikirkan situs web kamu sebagai kantor, toko, atau gedung digital kamu. Itu adalah tempat di mana pelanggan kamu datang untuk belajar lebih banyak tentang kamu, menelusuri (dan membeli) produk dan layanan kamu, dan mendapatkan informasi lebih lanjut.

Semua saluran media sosial kamu, konten, dan iklan harus mengarahkan audiens kamu ke situs web kamu (jika itulah tempat kamu menjual produk dan layanan kamu).

Jika kamu belum mengembangkan situs web untuk bisnis kamu, ada banyak sistem manajemen konten (CMS) dan platform yang bisa kamu gunakan untuk melakukannya. Platform-platform ini sebagian besar meng-hosting konten untuk situs web dan layanan online lainnya.

Iklan PPC (Pay-Per-Click)

Jika kamu terlibat dalam Digital Advertising, kamu membayar iklan di mesin pencari, media sosial, atau situs web. Dalam semua kasus, ini bisa menjadi cara yang bagus untuk menampilkan iklan kamu kepada audiens yang peduli tentang produk atau layanan kamu, tetapi ada beberapa poin penting yang perlu kamu ketahui:

Iklan PPC Digital Marketing: Ketika kamu menjalankan iklan pencarian, kamu mengoptimalkannya dengan kata kunci. Ini berarti bahwa ketika seseorang mencari kata yang terkait dengan iklan kamu, iklan kamu mungkin muncul di atas hasil pencarian. Secara umum, jika seseorang mencari kata yang sangat cocok dengan produk kamu, mereka tertarik untuk membelinya—jadi ide bagus untuk menjalankan iklan (selama mereka efektif dari segi biaya).

Namun, penting untuk memastikan bahwa kata kunci kamu spesifik dan menghindari beberapa masalah yang terlibat, seperti penawaran pada istilah yang dalam beberapa cara tidak relevan dengan penawaran kamu. Toolkit Iklan PPC Semrush dapat membantu kamu menjalankan iklan ini dengan efektif.

Iklan PPC Media Sosial: Ketika kamu menjalankan kampanye iklan media sosial, penting untuk mengakui bahwa audiens kamu kurang mungkin berada dalam pikiran “membeli”. Ketika mereka menelusuri postingan teman-teman mereka atau mengeksplorasi video, penonton tidak selalu memikirkan untuk membeli produk khusus kamu.

Meskipun begitu, kamu dapat menggunakan iklan media sosial untuk menargetkan minat mereka dengan sangat akurat. Triknya adalah menarik perhatian mereka dan mendapatkan keterlibatan. Kamu kemudian potensial dapat membawa mereka ke situs web kamu dan menunjukkan kepada mereka apa yang kamu tawarkan.

Sebagai alternatif, kamu dapat melakukan retargeting kepada orang-orang yang telah mengunjungi situs web kamu dengan iklan. Audiens ini sedikit lebih akrab karena mereka sudah tahu tentang produk atau layanan kamu. Aplikasi seperti AdClarity dapat membantu kamu melihat apa yang berhasil dan apa yang tidak dalam iklan pesaing, bahkan kamu bisa melihat seberapa banyak uang yang mereka habiskan dan di saluran mana.

Iklan Jaringan Display Google

Banyak pemasar memilih untuk menjalankan iklan di Jaringan Display Google. Ini berarti bahwa iklan kamu akan muncul dalam konteks di situs web terkait. Pengunjung secara alami tertarik pada iklan yang berbicara tentang tantangan, berita, atau tujuan mereka, jadi ini juga merupakan cara efektif untuk menemukan pelanggan baru. Format iklan Jaringan Display Google meliputi:

  • Iklan responsif
  • Iklan video
  • Iklan banner situs web dan video
  • Iklan YouTube
  • Iklan aplikasi seluler Iklan Video Baik ditempatkan di media sosial atau melalui Jaringan Display Google, iklan video dapat menjadi cara efektif untuk memamerkan produk dan layanan kamu. Jika dilakukan dengan baik, iklan ini dapat menarik perhatian lebih dari iklan teks atau gambar biasa.

Iklan video

Iklan ini dapat ditargetkan kepada audiens berdasarkan lokasi, demografi, jabatan pekerjaan, atau minat. Mereka juga dapat ditargetkan kembali kepada pengguna yang sebelumnya telah mengunjungi situs web kamu.

Sponsorship

Sponsorship adalah pilihan lain yang dapat diandalkan bagi bisnis kecil yang ingin menjangkau audiens dari merek-merek non-pesaing. Merek seringkali mensponsori podcast relevan, influencer, buletin, atau bahkan blog.

Mungkin kamu dapat menulis dan berbagi posting tamu yang disponsori, yang berbagi informasi berharga untuk audiens target kamu tetapi juga mempromosikan produk kamu dengan cara yang lebih organik. Banyak publikasi dan blog mendapatkan sebagian besar pendapatan mereka dari jenis posting tamu yang disponsori seperti ini.

Email Marketing

Email marketing adalah jenis iklan yang cukup pribadi, karena kamu memasuki ruang pribadi seseorang. Jika kamu memiliki izin untuk mengirimkan surel pemasaran kepada seseorang (kamu harus mengikuti regulasi perlindungan data lokal dan internasional), itu bisa sangat efektif.

Ingatlah bahwa subjek yang menarik, konten yang menarik, dan tawaran yang personal adalah hal yang penting. Sebaliknya, tawaran yang tidak relevan dan surel yang berbau spam kemungkinan akan mengirimkan kamu ke folder sampah.

Pertimbangkan untuk berbagi:

  • Penawaran loyalitas
  • Informasi pembaruan produk
  • Penawaran musiman dan diskon
  • Pesan yang dipersonalisasi

Influencer Marketing

Meskipun mungkin tampak bahwa bekerja sama dengan influencer hanya untuk pemasar merek besar, bisnis kecil dan menengah tentu dapat mendapatkan manfaat dari bermitra dengan orang-orang yang memiliki pengikut yang relevan.

Meskipun mungkin terlihat bahwa bekerja sama dengan influencer hanya untuk pemasar merek besar, bisnis kecil dan menengah tentu bisa mendapatkan manfaat dari bermitra dengan orang-orang yang memiliki pengikut yang relevan.

Rekomendasi dari orang yang tepat dapat meningkatkan jangkauan kamu dan kesadaran merek, bahkan bisa meningkatkan penjualan jika kamu sedang mempromosikan tawaran atau produk baru.

Pemasaran Afiliasi: Erat dengan Pemasaran Influencer Pemasaran

Afiliasi berarti bergabung dengan bisnis atau orang lain untuk berbagi dan mempromosikan produk kamu. Para afiliasi kemudian mendapatkan komisi atas setiap penjualan atau prospek (tergantung pada perjanjian kamu).


Buat Bisnismu naik level

Konsultasikan permasalahan bisnismu gratis

One response to “Apa Itu Digital Advertising? ini panduan lengkapnya”
  1. multics Avatar

    Рretty section of content. I just ѕtumbled upon your websitе and in accession capital to assert that I get actually enjߋyed account your blog poѕts.

    Аnyway I wiⅼl be subscribing to your augment and even I acһievement you access
    consistentⅼʏ raⲣidly.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to content