Gimana Cara Buat Aplikasi Web dalam 6 Langkah Mudah

·

·

Pengembangan aplikasi web memberdayakan proyek berbasis web untuk bekerja dan bertindak serupa dengan aplikasi seluler. Aplikasi web melibatkan pengguna, memprioritaskan interaksi yang responsif, namun tetap dikirimkan melalui internet melalui jaringan.

Dapat dikatakan bahwa pengembangan aplikasi website adalah anak kandung dari pengembangan web. Meskipun pengembangan web dan pengembangan aplikasi website memiliki kemiripan, pengembangan aplikasi website menurut definisi lebih dinamis daripada yang ditawarkan oleh pengembangan web tradisional.

Keduanya penting, tetapi mengetahui perbedaannya akan membantu Anda memahami apa itu pengembangan aplikasi website dan apakah itu terdengar seperti ide yang bagus untuk bisnis Anda atau tidak.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang aplikasi website – mulai dari kelebihan dan kekurangannya hingga kerangka kerja yang harus Anda gunakan untuk menyusunnya – teruslah membaca!

Apa yang dimaksud dengan Aplikasi Web?

Aplikasi web adalah aplikasi interaktif yang dibuat menggunakan teknologi pengembangan web yang dapat diakses pengguna dari peramban.

Aplikasi website memiliki teknologi pengembangan web front-end dan back-end yang khas. Secara teori, aplikasi website sangat erat kaitannya dengan situs web, sehingga pengembangan aplikasi web dan pengembangan web memiliki banyak kesamaan karakteristik.

Di front-end, misalnya, pengembang aplikasi website menggunakan JavaScript, CSS, dan HTML. Back-end untuk aplikasi website mungkin juga menggunakan bahasa sisi server yang sama dengan yang digunakan pengembang untuk membangun situs web seperti Ruby atau Python.

Namun, aplikasi web beroperasi di perangkat apa pun dalam mode yang jelas berbeda dari situs web tradisional.

Apa Perbedaan Antara Aplikasi Website dan Situs Website?

Aplikasi website dirancang untuk menjadi interaktif, sedangkan tujuan utama situs web adalah menyajikan informasi.

Membedakan satu dengan yang lain memang tidak mudah, tetapi begitu Anda mulai mengenali perbedaannya, Anda akan tahu mengapa hal itu penting.

Ironisnya, mempelajari sedikit lebih banyak tentang pengembangan mobile akan berguna untuk mempelajari pengembangan aplikasi website. Misalnya, apakah Anda tahu perbedaan antara aplikasi native dan hybrid?

Aplikasi native adalah aplikasi mobile yang secara khusus dibuat untuk platform yang mereka jalankan. Akibatnya, pengembang harus menggunakan teknologi asli untuk menggunakannya – bahasa pemrograman Swift untuk iOS, atau bahasa pemrograman Java untuk Android.

Kerugian dari aplikasi native adalah perusahaan yang membangun aplikasi native harus mengembangkan aplikasi yang berbeda untuk platform yang berbeda, karena setiap aplikasi akan membutuhkan basis kode yang berbeda dalam bahasa aslinya.

Aplikasi hibrida memberikan solusi untuk pengembangan yang lebih cepat. Aplikasi hibrida memanfaatkan teknologi asli dan web dan sebagai hasilnya, aplikasi hibrida dapat memperluas kompatibilitas multi-platform.

Aplikasi website tidak memiliki kedua hal ini. Pengembang aplikasi website hanya memanfaatkan teknologi web. Namun, aplikasi website menempatkan fokus tertentu pada interaksi pengguna, sama seperti aplikasi seluler, dan sama sekali tidak seperti situs web tradisional.

Situs web tradisional mungkin memiliki pengguna yang menggulir atau mengklik untuk mendapatkan lebih banyak informasi, atau mereka bahkan mungkin memasukkan alamat email atau mungkin informasi pribadi untuk pembelian online.

Tetapi aplikasi website mengoptimalkan pengalaman pengguna (UX) sehingga pengguna dapat melakukan lebih banyak hal. Dan aplikasi website harus diperbarui secara dinamis untuk menangani interaksi semacam ini.

Sebagai contoh, Anda akan menyadari bahwa menggunakan Twitter atau Facebook dari peramban web merupakan pengalaman yang lebih menarik daripada mengklik situs web restoran pizza lokal. Itu karena yang pertama adalah aplikasi website dan yang kedua adalah situs web.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Web?

Aplikasi berbasis web pada akhirnya memudahkan proses pengembangan. Bisnis dapat memberikan interaktivitas kepada penggunanya tanpa harus menggunakan waktu dan sumber daya yang diperlukan untuk membangun aplikasi seluler.

Meskipun demikian, menimbang kekurangan dari pengembangan aplikasi website dengan kelebihannya tetap berguna untuk mengatasi kekusutan.

Keuntungan dari Aplikasi Website

Pertama, Anda harus melihat lebih dekat pada keuntungan pengembangan aplikasi website. Anda akan menemukan bahwa aplikasi website adalah pilihan yang efisien untuk meningkatkan UX konsumen yang mengutamakan keterlibatan pengguna dalam menjelajahi web.

young woman opening aplikasi web in laptop

Portabilitas Tinggi

Pengguna dapat mengakses aplikasi website dari perangkat apa pun. Punya tablet? Anda dapat menggunakan aplikasi website. Punya ponsel pintar? Anda dapat menggunakan aplikasi website. Punya laptop? Bahkan lebih baik!

Pada dasarnya, aplikasi website sepenuhnya multi-platform. Aplikasi ini menyediakan pertukaran yang menghibur bagi pengguna apa pun sistem operasinya, apakah itu Android, iOS, PC, dll. selama pengguna memiliki koneksi internet.

Lebih Banyak Kenyamanan

Aplikasi website tidak perlu diunduh dan diinstal. Atau dalam kasus PWA, pengunduhan dan pemasangan tidak akan setara dengan aplikasi yang benar-benar menghabiskan ruang di perangkat Anda.

Meskipun ponsel pintar saat ini tampaknya terus meningkatkan ruang penyimpanan mereka dalam apa yang tampak seperti peningkatan kuadrat, beberapa orang tidak suka dengan banyaknya aplikasi yang membengkak atau sebaliknya, mereka tidak memiliki ruang.

Kenyataan ini juga membebaskan pengguna dari kewajiban untuk selalu melakukan pembaruan. Dan dengan aplikasi website progresif secara khusus, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari aplikasi seluler tanpa kerumitan.

Pengembangan Lebih Mudah

Sekali lagi, sebagian besar pengembang aplikasi seluler dan pengembang web tidak sama. Ini memalukan karena itu berarti jika Anda menginginkan yang terbaik dari kedua dunia, Anda akan selalu membutuhkan setidaknya dua kali lebih banyak pengembang atau setidaknya dua kali lebih banyak talenta.

Oh, dan jika Anda ingin aplikasi seluler Anda ditampilkan di Apple App Store dan Google Play Store, maka itu akan membutuhkan dua aplikasi yang berbeda jika Anda memutuskan untuk menggunakan aplikasi native.

Ini berarti bahwa jika Anda menginginkan situs web dan aplikasi seluler di semua platform, maka Anda akan membutuhkan sumber daya tiga kali lebih banyak.

Pengembangan aplikasi web menghindari rasa frustrasi ini. Hanya ada satu basis kode yang digunakan.

Kekurangan Aplikasi Website

Tentu saja, daftar pro dan kontra akan sia-sia jika hanya ada pro. Tentu saja, pengembangan aplikasi website juga memiliki kekurangan.

Kecepatan Berkurang

Terlepas dari semua pujian yang diberikan, aplikasi website tidak dapat menggantikan aplikasi seluler dan akan beroperasi sedikit lebih lambat daripada aplikasi yang di-host di server lokal.

PWA pasti mencoba mengurangi efek samping ini, tetapi tidak ada bukti nyata bahwa mereka telah berhasil menghilangkan kerugian ini sama sekali.

Penurunan Akses

Umumnya, aplikasi website membutuhkan akses internet untuk bekerja dengan baik atau dalam banyak kasus, untuk bekerja sama sekali. Meskipun PWA dapat mencegah hal ini, aplikasi website yang paling interaktif sekalipun tidak akan merespons jika Anda tidak memiliki koneksi internet.

Fungsionalitas yang terbatas

Teknologi asli akan selalu memiliki keunggulan dibandingkan teknologi yang bukan asli. Karena aplikasi website tidak asli, mereka tidak memiliki kapasitas yang sama untuk berkolaborasi secara efektif dengan perangkat keras dan sistem operasi perangkat tertentu.

Karena pengaturan sistem berbeda dari satu perangkat ke perangkat lainnya, dan aplikasi web pada dasarnya adalah multi-platform, pengembang tidak memprogram aplikasi untuk bekerja dengan spesifikasi seperti itu.

3 Jenis Aplikasi Web

Ada berbagai jenis aplikasi website dengan perilaku yang berbeda tergantung pada cara pembuatannya. Meskipun semua jenis aplikasi website ini masih menggunakan teknologi web, namun umumnya termasuk dalam kategori aplikasi sisi klien, sisi server, atau halaman tunggal.

Aplikasi Web Sisi Klien

Aplikasi website sisi klien sangat dominan dalam pengembangan front-end, yang berarti antarmuka pengguna (UI) adalah fokus dari jenis aplikasi ini. Aplikasi ini cenderung memprioritaskan UX dan memberikan tingkat kinerja tinggi kepada pengguna.

Data atau logika bisnis apa pun yang mungkin digunakan aplikasi untuk berfungsi dimuat secara dinamis saat start-up.

Sebagai hasil dari rendering sisi klien, hanya ada sedikit atau bahkan tidak ada waktu buffering untuk memuat halaman. Hal ini mempercepat interaksi dengan konten, membuat halaman menjadi sangat responsif.

Aplikasi Website Sisi Server

Perangkat lunak sisi server pada dasarnya identik dengan pengembangan back-end. Pengembangan back-end terdiri dari membangun database, server, antarmuka pemrograman aplikasi (API), dan proses latar belakang lainnya yang terjadi di dalam aplikasi.

Meskipun aplikasi sisi server pada umumnya masih menampilkan konten dan/atau UI, kode yang paling dinamis berada di server web.

Rendering sisi server (SSR) bekerja dengan baik dengan konten statis karena browser web memerlukan waktu untuk mengirim permintaan ke server dan menunggu jawaban.

Sisi baiknya, aplikasi website sisi server biasanya lebih aman dan menawarkan lebih banyak kompatibilitas peramban daripada aplikasi web sisi klien.

Aplikasi Satu Halaman

Aplikasi satu halaman (SPA) berbeda dengan aplikasi multi-halaman tradisional di mana halaman baru dimuat hanya ketika Anda mengeklik tautan. Sebaliknya, SPA memiliki keunggulan yang diinginkan dari aplikasi sisi klien dan aplikasi sisi server.

SPA menggunakan kekuatannya hanya dari satu halaman, biasanya menggunakan mekanisme gulir tak terbatas untuk menampilkan semua kontennya.

Terlepas dari kenyataan bahwa rendering sisi server memiliki hubungan dengan waktu tunggu yang lama, kerangka kerja JavaScript seperti React, Vue.js, dan Angular menggunakan perutean dinamis untuk mengambil hanya data yang diperlukan pada waktu tertentu.

Banyak pengembang website atau pengembang aplikasi website menggunakan kemampuan SSR ini untuk membangun SPA yang tidak membutuhkan seluruh halaman untuk dimuat ulang untuk menjalankan suatu tindakan atau mengambil data baru.

7 Langkah Untuk Mengembangkan Aplikasi Website

Sejujurnya, pengembangan aplikasi website tidak jauh berbeda dengan siklus hidup pengembangan perangkat lunak lainnya. Tim yang hebat dan prosedur yang terdefinisi dengan baik hampir selalu menjadi pendorong keberhasilan pengembangan.

Tentukan Masalah Anda

Mendefinisikan masalah yang ingin Anda selesaikan atau mengidentifikasi dengan tepat mengapa Anda ingin konsumen menggunakan aplikasi website Anda adalah langkah pertama dalam mengembangkan aplikasi website Anda.

Orang-orang selalu memiliki ide baru setiap saat, namun apakah sebuah ide benar-benar layak untuk diimplementasikan jika tidak memberikan solusi cerdas untuk masalah yang ada?

Rencanakan Alur Kerja

Alur kerja dapat menjadi sarana pengaturan yang sistematis untuk berbagai aspek pengembangan aplikasi website Anda. Pikirkan tentang apa saja yang akan ada dalam aplikasi website Anda dan bagaimana memenuhi persyaratan tersebut menggunakan sumber daya dan anggaran Anda.

Karena ini adalah pengembangan perangkat lunak, alur kerja Anda harus berorientasi pada bisnis dan teknis.

Sesuaikan dengan kerangka waktu yang Anda inginkan untuk menyelesaikan pengembangan aplikasi website Anda. Buat algoritme yang akan memajukan pengembangan Anda dengan cermat.

Buat Prototipe Aplikasi Website Anda

Pembuatan prototipe melibatkan pembuatan aplikasi yang belum lengkap namun fungsional untuk lebih memahami seperti apa produk akhir Anda nantinya. Dalam pengembangan perangkat lunak, prototipe mirip dengan produk yang layak minimum (MVP).

Validasi Prototipe Anda

Idenya adalah bahwa prototipe Anda harus cukup mengesankan untuk memberikan validasi yang Anda butuhkan untuk melanjutkan proyek Anda dengan mengetahui bahwa orang-orang sudah tertarik dengan apa yang Anda miliki.

Untuk melakukan ini, validasi prototipe Anda dengan mempresentasikan aplikasi web Anda kepada calon pengguna. Kumpulkan umpan balik dan kerjakan dari sana.

Membangun Aplikasi Anda

Teliti perangkat lunak yang harus Anda siapkan untuk membangun aplikasi Anda. Pertimbangkan kerangka kerja dan teknologi front-end dan back-end mana yang dapat memenuhi persyaratan proyek Anda secara kompeten.

Setelah Anda menemukan semua alat yang dibutuhkan, saatnya untuk mulai mengembangkan. Bangun aplikasi web Anda!

Uji Aplikasi Anda

Mudah-mudahan, menguji aplikasi web Anda tidak perlu diragukan lagi. Banyak tim pengembangan perangkat lunak yang melakukan pengujian di sepanjang siklus hidup pengembangan, untuk memastikan bahwa setiap iterasi aplikasi web Anda bebas dari bug.

Jaminan kualitas perangkat lunak juga merupakan bagian penting dalam membangun aplikasi web. Dan ini harus dilakukan sebelum Anda merilis aplikasi Anda ke publik.

Hos & Luncurkan Aplikasi Website Anda

Sama halnya dengan situs website, aplikasi website harus di-host di server web. Itu berarti menjalankan aplikasi web Anda memerlukan pembelian nama domain dan penyedia hosting di cloud.


Buat Bisnismu naik level

Konsultasikan permasalahan bisnismu gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to content