Kenapa Bisnis Butuh Aplikasi dan Sistem? Simak 6 Alasannya

·

·

,
bisnis butuh aplikasi dan sistem

Transformasi bisnis penting untuk dilakukan oleh perusahaan untuk menjawab tantangan dan perubahan di depan mata. Sebuah model bisnis tidak bisa bertahan selamanya. Berbagai dorongan eksternal, seperti perubahan kondisi pasar dan perkembangan teknologi, menuntut bisnis bertransformasi. Jika tidak, konsekuensinya bisnismu bisa tertinggal, bahkan kalah saing di pasar dengan kompetitor lain yang lebih progresif. Di sini, akan dijelaskan alasan mengapa perlu dilakukan transformasi bisnis seperti penggunaan Aplikasi Bisnis dan apa manfaatnya bagi bisnismu. Simak sampai akhir, ya!

Mengutip dari Product Plan, transformasi bisnis adalah istilah umum untuk membuat perubahan mendasar dalam cara bisnis atau organisasi berjalan. Ini termasuk personel, proses, dan teknologi. Transformasi ini membantu organisasi bersaing lebih efektif, menjadi lebih efisien, dan mendukung strategi serta perencanaan berjalan baik. Jadi, transformasi bisnis adalah perubahan besar dan berani yang dilakukan sebuah perusahaan untuk mempercepat pertumbuhan melampaui kemajuan kinerja biasa. 

Melihat dari ukuran, ruang lingkup, dan kerangka waktu usaha, transformasi harus didorong dari jajaran teratas perusahaan. Baik oleh CEO atau dewan direksi.Transformasi ini biasanya memakan waktu bertahun-tahun. Namun, dengan kemajuan teknologi yang pesat, hal ini dapat dilakukan dalam waktu bulanan.

Alasan Mengapa Perlu Transformasi Bisnis

Kini, kamu sudah memahami apa itu transformasi bisnis. Namun pertanyaannya kemudian, pentingkah untuk melakukan transformasi? Tren terus bergulir dengan cepat. Jika bisnismu tidak dapat mengikuti perkembangan terbaru, bisnismu bisa saja kalah berkompetisi di pasar dan gulung tikar. Ini merupakan salah satu alasan kuat mengapa kamu perlu melakukan transformasi bisnis. 

Namun kapan waktu yang tepat untuk melakukan transformasi bisnis? Berikut ini daftar alasan lain mengapa kamu perlu melakukannya.

Keuntungan Menurun

Sumber: Freepik

Ketika bisnismu mengalami penurunan keuntungan dan terkunci terkunci dalam model bisnis inti yang menurun, itulah saatnya melakukan transformasi bisnis. Kamu mungkin terkunci dalam bisnis surat kabar, atau bisnis perangkat lunak yang ketinggalan zaman.  Jika keuntungan yang menurun tidak dapat diatasi, kebutuhan akan transformasi sudah dekat. Lakukanlah sebelum bisnismu gulung tikar.

Perubahan Struktur Industri

Menurut Strategy Tools, struktur Industri memiliki pengaruh mendalam pada cara sebuah bisnis dan bagaimana nilai diciptakan dan ditangkap. Perubahan struktur industri mungkin membutuhkan waktu puluhan tahun, tetapi kamu tidak dapat melawannya. Perubahan struktur yang mendalam pasti akan terjadi, tidak peduli bagaimana kamu memposisikan bisnismu. Contohnya adalah pergeseran bertahap dari minyak dan gas ke energi terbarukan. Berbagai perusahan mau tak mau harus melakukan transformasi bisnis.

Perkembangan Teknologi yang Cepat

Sumber: Freepik

Terjadinya perkembangan teknologi yang cepat mirip dengan perubahan struktur industri. Namun ini terjadi dengan kecepatan yang jauh lebih cepat. Perkembangan teknologi jauh lebih dinamis dan lebih cepat. Hal ini karena sejumlah besar startup, peningkatan skala, dan investor beroperasi di ruang ini. Contoh yang paling kita rasakan adalah perkembangan smartphone dan operation system (OS). Dengan perkembangan ini, hampir semua kebutuhan bisa terpenuhi dari berbagai aplikasi bisnis.

Kinerja Finansial Buruk

Perusahaan yang secara finansial berkinerja buruk di pasar saham akan sering didorong untuk melakukan perubahan. Para pemegang saham terbesar memiliki pengaruh yang cukup untuk memaksa perusahaan menuju arah baru yang radikal. Hal ini bisa terjadi jika ada investor aktif masuk dan memberikan arahan perubahan dari segi struktur hingga operasional. Mau tak mau, perusahaan harus menjalani transformasi bisnis.

Menjalankan Langkah Antisipasi yang Strategis

Sering kali perubahan terjadi ketika perusahaan dipimpin oleh CEO baru. Tak jarang para pemimpin melakukan langkah antisipasi strategis untuk menghadapi perubahan. CEO baru akan memiliki momentum dan kesempatan untuk memimpin transformasi bisnis ketimbang CEO petahana yang sudah mapan.

Pasar Terguncang Krisis

Pada saat terjadi guncangan ekonomi dan krisis, pasar bisa saja menghilang dalam semalam. Misalnya krisis moneter pada 1998 atau yang terbaru, yakni pandemi COVID-19 yang dimulai pada 2020 lalu. Berbagai krisis dan bencana global mengharuskan bisnis melakukan transformasi secepatnya. Jika tidak, bisnis akan tergulung oleh desakan situasi.

Aplikasi bisnis memiliki manfaat signifikan dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional perusahaan. Mereka memfasilitasi kolaborasi tim secara real-time, komunikasi yang lebih baik, dan manajemen tugas yang efektif. Dari manajemen proyek hingga analisis data, aplikasi bisnis membantu perusahaan mengelola sumber daya, mengoptimalkan kinerja, dan meningkatkan layanan kepada pelanggan.


Buat Bisnismu naik level

Konsultasikan permasalahan bisnismu gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to content