Bagaimana Cara Menulis Value Proposition, beserta Contoh

·

·

value proposition

Value proposition yang baik adalah pernyataan yang jelas, meyakinkan, dan fokus pada manfaat utama yang ditawarkan oleh produk atau layanan kepada pelanggan. Untuk menjadi efektif, value proposition harus mengidentifikasi masalah atau kebutuhan yang dipecahkan, menyoroti manfaat utama yang diberikan, dan menekankan keunikan nilai produk atau layanan dibandingkan dengan pesaing. Selain itu, pesan ini harus disampaikan secara singkat, mudah diingat, dan relevan dengan target audience yang spesifik. Value proposition dapat membantu pelanggan mengidentifikasi relevansi produk atau layanan dengan kehidupan mereka, memotivasi mereka untuk berinteraksi lebih lanjut dengan bisnis Anda, dan membedakan Anda dari pesaing. Selain itu, value proposition yang kuat juga dapat meningkatkan kesadaran merek, memengaruhi keputusan pembelian, dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan.

Di sini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara menulis pernyataan Value Proposition terbaik untuk bisnis Anda dalam enam langkah sederhana.

Tinjau Kembali Misi Perusahaan Anda

Pertimbangkan bagaimana pernyataan visi atau misi internal perusahaan Anda diterjemahkan ke dalam janji yang dapat dilihat oleh publik. Hal ini akan membantu Anda menulis Value Proposition yang konsisten dengan nilai-nilai bisnis Anda dan beresonansi dengan pelanggan Anda.

Misalnya, jika bagian dari misi Anda adalah memberikan dampak positif pada komunitas Anda, bagaimana Anda dapat mengomunikasikannya kepada calon pelanggan?

Misi Garmin adalah “menjadi perusahaan yang bertahan lama dengan menciptakan produk unggulan untuk otomotif, penerbangan, kelautan, luar ruangan, dan olahraga yang merupakan bagian penting dari kehidupan pelanggan kami.”

Pernyataan misi yang ditujukan kepada publik mengomunikasikan hal ini, dan lebih banyak lagi, dengan cara yang kemungkinan besar akan menarik pelanggan baru:

Teliti Audiens Target Anda

Puaskan keinginan audiens target Anda dengan mempelajari apa yang paling dihargai oleh pelanggan saat ini tentang perusahaan, layanan, dan produk Anda.

Anda akan menarik orang-orang yang serupa dengan Value Proposition Anda.

Dapatkan wawasan berharga melalui saluran berikut:

Umpan balik pelanggan secara langsung: Mengundang umpan balik tentang pengalaman pelanggan melalui ulasan online, grup fokus, dan percakapan penjualan dan dukungan pelanggan
Media sosial: Lacak percakapan media sosial yang terkait dengan merek, produk, dan pesaing Anda. Bergabunglah dengan grup dan komunitas industri untuk mendapatkan pandangan dari dalam.
Analisis pemasaran: Menganalisis lalu lintas dan perilaku situs web, keterlibatan media sosial, dan kampanye pemasaran email untuk mempelajari minat audiens target Anda
Jika Anda menjual atau memasarkan perangkat lunak bisnis, lihat platform ulasan pengguna G2. Platform ini mengatur ulasan ke dalam “Apa yang paling Anda sukai dari [x]?” dan “Apa yang tidak Anda sukai dari [x]?” Hal ini memudahkan penyedia layanan untuk melihat pola positif dan negatif dalam sentimen pelanggan.

Ulasan, seperti ulasan Chris C di bawah ini, secara konsisten memberi tahu kami bahwa pelanggan menghargai perangkat Semrush yang komprehensif.

Kami menekankan kualitas tersebut dalam Value Proposition kami, yang berarti kami dapat menarik lebih banyak pelanggan seperti Chris yang ingin merencanakan dan mengelola kampanye pemasaran online di satu tempat.

Seperti dalam salinan pemasaran ini:

E-niaga dan merek konsumen lainnya dapat melakukan penelitian serupa di platform seperti TrustPilot, Yelp, Amazon, dan Google.

Kiat Pro: Gunakan alat seperti One2Target untuk melihat demografi perusahaan atau pasar tertentu.

Menganalisis Pesaing Anda

Pelajari apa yang membuat bisnis Anda berbeda dengan memahami penawaran serupa di pasar dari pesaing Anda.

Ada tiga langkah besar dalam proses analisis pesaing:

  • Mengidentifikasi bisnis serupa
  • Meneliti penawaran mereka
  • Melakukan analisis SWOT

Mengidentifikasi Bisnis Serupa

Temukan pesaing Anda dengan:

  • Menanyakan kepada tim penjualan Anda perusahaan mana yang sering muncul dalam proses mereka
  • Menanyakan kepada pelanggan penyedia lain yang mereka pertimbangkan atau pernah membeli dari mereka sebelumnya
  • Melacak permintaan rekomendasi dari audiens target Anda di saluran media sosial dan komunitas online, seperti Twitter dan Quora
  • Mencari istilah yang terkait dengan bisnis Anda di Google
  • Menggunakan alat analisis pesaing seperti Market Explorer
  • Market Explorer dapat membantu Anda menemukan kompetitor di industri Anda yang memiliki situs web.

Untuk melakukannya, pilih “Market Explorer” melalui Free tools dari Semrush dan masukkan domain Anda atau domain pesaing yang diketahui.

Klik “Research Market” untuk melihat ringkasan pesaing terdekat Anda, dengan data pangsa pasar, konsolidasi, domain, lalu lintas, dan ukuran pasar.

Ini akan memberi Anda daftar bisnis serupa untuk diselidiki lebih lanjut.

Teliti Produk, Harga, Tempat, dan Promosi Pesaing Anda

Pelajari daftar pesaing Anda. Kunjungi situs web perusahaan, baca ulasan online, dan analisis aktivitas media sosial untuk mempelajari produk, harga, dan persepsi pelanggan mereka.

Ketika Anda melakukan lebih banyak penelitian tentang berbagai pesaing Anda, Anda akan mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang pasar Anda. Dan yang paling penting: posisi perusahaan Anda di dalamnya.

Catat apa yang Anda pelajari dalam profil pesaing dan tinjau kembali saat menulis Value Proposition merek Anda. Hal ini juga akan membantu memandu strategi pemasaran di masa depan.

Simpan sebanyak mungkin informasi yang menurut Anda bermanfaat. Namun, pastikan bidang data konsisten di seluruh profil Anda sehingga Anda dapat membandingkan kompetitor dengan mudah.

Lakukan analisis SWOT

Ubah pengamatan Anda menjadi wawasan yang dapat ditindaklanjuti dengan melakukan analisis SWOT untuk merek dan pesaing Anda.

SWOT adalah singkatan dari kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Dan ada berbagai pertanyaan yang harus ditanyakan kepada diri Anda sendiri saat mengisi setiap bagian:

Membandingkan jawaban untuk merek Anda dan kompetitor akan membantu Anda memahami di mana keunggulan masing-masing.

Gunakan hasilnya untuk menginspirasi pernyataan proposisi nilai yang otentik dan orisinal yang menyoroti kekuatan Anda dan sesuai dengan kebutuhan target pelanggan Anda.

Tentukan Nada Suara Merek Anda (ToV)

Value Proposition merek Anda harus mencerminkan nada suara (ToV) Anda. Jika tidak, hal ini akan memberikan kesan pertama yang menyesatkan kepada calon pelanggan dan membuat mereka kecewa nantinya.

Sebelum melakukan brainstorming ide, pertimbangkan ToV Anda dan apa yang Anda inginkan ke depannya.

Buat Kompilasi dari hasil Research

Tulislah daftar singkat temuan-temuan utama Anda sejauh ini, termasuk:

  • Pernyataan visi atau misi perusahaan
  • Kebutuhan audiens target, poin-poin penting, keinginan, dan persepsi merek
  • Profil pesaing dasar dan hasil analisis SWOT
  • Penilaian ToV
  • Atau Anda dapat menggunakan templat, seperti Kanvas Proposisi Nilai dari Strategyzer.

Bertukar pikiran dengan Template Value Proposition

Gunakan templat Value Proposition ini untuk membuat kreativitas Anda mengalir-Anda juga dapat menambahkan judul, poin-poin penting, dan elemen visual yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Templat VP #1
“[Nama bisnis] menawarkan [produk/layanan] yang [memiliki manfaat unik] untuk [target pelanggan], membantu mereka [memecahkan masalah tertentu/mencapai hasil yang diinginkan].”

Contoh: Typeset Copywriting menawarkan paket pemasaran konten yang dapat dipesan lebih dahulu yang mengoptimalkan visibilitas online dan mendorong keterlibatan untuk bisnis kecil, membantu mereka mengembangkan kehadiran online dan meningkatkan penjualan.

Templat VP #2
“[Produk/layanan] memberdayakan [target pelanggan] untuk [hasil transformatif] dengan menyediakan [fitur/nilai unik].”

Contoh: Aplikasi ponsel pintar QuickFit memberdayakan para profesional yang sibuk untuk mencapai tujuan kebugaran mereka dengan rencana latihan yang dipersonalisasi, pelacakan waktu nyata, dan panduan ahli.

Templat VP #3
“[Nama bisnis] menyediakan [produk/layanan] yang dibuat dengan [pembeda utama], yang memungkinkan [target pelanggan] untuk [dampak/hasil yang diinginkan].”

Contoh: Street Eats Catering menyediakan makanan lezat dan sehat yang dibuat dengan bahan-bahan yang bersumber secara lokal, sehingga memungkinkan penyelenggara acara untuk memberikan pengalaman bersantap yang tak terlupakan


Buat Bisnismu naik level

Konsultasikan permasalahan bisnismu gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to content