Standar Operasional Prosedur (SOP) DPKPCK Kab. Malang

Serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan mengenai berbagai penyelenggaraan pelayanan di unit kerja masing-masing. Bagaimana dan kapan harus dilakukan, di mana dan oleh siapa dilakukan. Sehingga, tujuan akhir untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, dapat tercapai.

Tujuan SOP

menciptakan komitmen pemerintah daerah mengenai pentingnya penerapan SOP oleh setiap satuan unit kerja instansi pemerintahan dalam mewujudkan akuntabilitas pelayanan publik.

Dalam ruang lingkup Eksernal, SOP dapat digunakan untuk mengukur kinerja organisasi publik, SOP juga dapat digunakan untuk menilai kinerja organisasi publik di mata masyarakat. Sedangkan dalam ruang lingkup internal, SOP dapat digunakan untuk menilai kinerja organisasi publik di mata masyarakat.

Manfaat SOP

Standarisasi

sebagai standar cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tugasnya

Menekan tingkat kesalahan

Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas.

Efisiensi

Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas serta tanggung jawab individual pegawai dan organisasi secara keseluruhan

Jenis SOP

SOP mencerminkan jenis Kegiatan tertentu (Pelayanan, Rutin dan Penugasan) dari tugas dan fungsi yang dimiliki, ketiga jenis kegiatan tersebut diantaranya

SOP Pelayanan

Kegiatan pelayanan diawali dengan adanya permohonan. Kegiatan Utama adalah Pemberian Pelayanan. Kegiatan Akhir adalah Penerimaan Bukti/Hasil Pelayanan kepada Pemohon.

SOP Penugasan

Kegiatan penugasan diawali dengan adanya perintah dari atasan yang berwenang. Umumnya kegiatan penugasan tidak direncanakan atau bisa direncanakan untuk penugasan yang bersifat reguler.

SOP Rutin

Kegiatan rutin diawali dari penanggungjawab pelaksana kegiatan, Umumnya kegiatan rutin telah direncanakan sebelumnya. Kegiatan rutin tidak memerlukan syarat pelaksanaan kegiatan. Justru kalau tidak dilaksanakan memerlukan syarat tertentu.

Cakupan Kerja

Kegiatan operasional suatu instansi pemerintah tentunya tidak lepas dari adanya Standar Operasional Prosedur. Dalam project ini kami menuliskan berbagai SOP untuk pegawai serta beberapa Infografis untuk pelayanan masyarakat

BidangJumlah SOPLink
Bidang Perumahan
Rumah Swadaya
Rumah Umum Khusus dan Komersian
Pengendalian Perumahan Ruang dan Bangunan
10


5
Bidang Permukiman
Air Minum
Air Limbah
Jalan dan Drainase
5
1
2
2
Bidang Penataan Ruang dan Penataan Bangunan
Penataan Bangunan
Perencanaan Ruang
Pemanfaatan Ruang
17
7
7
3
Sekretariat
Keuangan, Umum dan Kepegawaian
Evapor
56
38
18
Download
UPT. Pengelolaan Limbah Domestik3
UPT. Pengelolaan Taman9
Total87
Skip to content