Ini Cara Bikin Bisnis Online Mudah Lewat 9 Langkah Sukses

·

·

Memulai bisnis online sudah mengubah jalan hidup banyak orang. Karena bisnis ini memungkinkan kita untuk memiliki waktu lebih dengan keluarga, berkeliling dunia, dan mengatur jam kerja saya sendiri. Ini adalah salah satu dari sedikit cara untuk menciptakan kebebasan finansial sejati. Tapi pasti bisnis ini juga datang dengan tantangannya. Ada banyak hal yang harus dipelajari, dan butuh waktu untuk melihat hasil kerja kerasmu. Lalu bagaimana cara memulai bisnis online? Dan bagaimana cara mengembangkannya menjadi sumber pendapatan utama? Berikut adalah sembilan langkah membangun bisnis online yang dijamin pasti sukses.

1. Kembangkan mindset untuk menjadi pengusaha digital

pengusaha mindset bisnis online

Langkah pertama memulai bisnis online harus dimulai dari mindset. Coba tanamkan kalau kamu mungkin akan gagal. sekali, dua kali, atau bahkan lebih. kamu mungkin kehilangan sebagian dari investasimu. kamu juga mungkin bakar uang untuk iklan yang tidak berkonversi. Kamu mungkin menyimpan produk yang tidak pernah terjual. Itu normal ko—bahkan itu hal yang baik. Setiap kali kita mengacaukan sesuatu, itu adalah kesempatan untuk mempelajari apa yang tidak berhasil. Kalau kata Thomas Edison, “Saya tidak gagal. Saya baru saja menemukan 10.000 cara yang tidak berhasil.” Yang penting bukanlah bahwa kamu mengacaukan sesuatu tetapi kamu terus berjalan meskipun ada lubang.

2. Cari Tahu Gimana Kamu akan Menghasilkan Cuan

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang secara online: Membuat dan menjual produk fisik sendiri, Drop Shipper, Marketing, afiliasi, Layanan (desain web, copywriting, dll), Menampilkan iklan di web kita Dan banyak lagi. Masing-masing memiliki pro dan kontra, dan semua bisa sukses atau ngga Itu tergantung pada apa yang kamu sukai. Berikut ikhtisar singkat dan kotor dari masing-masing:

E commerce

Melalui e-commerce kita bisa membuat dan menjual produk fisik sendiri, atau bahkan dropshipping. Tapi kalau kita buat dan jual produknya sendiri pasti butuh modal yang tinggi. Udah gitu kamu perlu menangani produksi, pengiriman, penyimpanan inventaris, dan layanan pelanggan. Dropshipping bisa jauh lebih simpel dan mudah tanpa perlu ribet ini itu. Tapi, ya margin atau keuntungannya lebih rendah.

kamu bisa memulai situs webmu sendiri atau menjual di online shop seperti Tokopedia, shopee ataupun lazada. Sekali lagi, ini tergantung sama seberapa banyak tenaga kerja yang kamu punya—membangun situs web sendiri memang paling bagus untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang, tetapi ini mengharuskan kamu untuk menangani lebih banyak variabel.

Layanan

Pilihan nguntungin lainnya adalah memulai bisnis online dengan menawarkan layanan seperti freelance writing, graphic design, coding, digital marketing dll. kamu bisa menawarkan layanan ini melalui situs web seperti Sribulancer, Fastwork atau membuat situs webmu sendiri dan bekerja dengan klien secara langsung. Banyak orang memulai dari yang pertama dan beralih ke merek mereka sendiri dan berhasil.

Display ads dan affiliate marketing

Metode bisnis online yang lagi gencar-gencarnya dijalankan banyak orang saat ini ya si affiliate marketing. Pernah lihat kan banyak banget blog, social media post atau video youtube yang di akhir konten mereka menyertakan link untuk membeli suatu produk atau jasa. Jadi simpelnya kita nge-promo-in barang atau layanan orang lain untuk dapetin komisi dari setiap penjualan

Affiliate marketing ini sangan disukai karna memang tidak membutuhkan effort yang terlalu besar dan resiko ruginya pun terbilang kecil. kamu gak perlu handle masalah produksi sampe pengiriman, dan kita bisa pilih produk yang kita suka untuk dibahas lebih jauh. Biasanya affiliate marketing juga disandingin sama display advertising, ini memungkinkan untuk memonetisasi akun blog, youtube ataupun social media lain.

3. Pilih Niche yang tepat

Kalo udah selesai ditahap 1 dan 2, kamu perlu memikirkan juga gimana caranya untuk bisa menemukan niche yang sesuai biar lebih mudah untuk memonetisasi. Menentukan niche ini ternyata sangat penting loh. Karna beberapa niche punya kompetisi yang tinggi dan akan sulit untuk dijadikan titik memulai.

Niche yang baik adalah

  1. Punya affiliate program atau product yang marginnya tinggi
  2. Ga Terlalu kompetitif
  3. Punya banyak hal yang bisa diomongin
  4. Menarik buat kamu gali, kalo kamu ga punya interest ya akan susah untuk dikembangkan dalam waktu lama

Ternyata memilih topik yang menarik ini juga sangat penting lo, walaupun kamu ga terlalu banyak mengerti soal topik itu tapi kalo kamu penasaran dan tertarik maka akan lebih mudah

4. Tentukan Nama Bisnismu

Nama bisnis mungkin ga akan menjadi penentu utama kesuksesan bisnismu, tapi tetap penting loh, berikut ini ada tips untuk milih nama bisnis yang baik

  1. Pilih nama yang jelas – harus mudah dimengerti dan mudah untuk dieja
  2. Pilih nama yang ga terlalu membatasi kamu – misal kamu mau jual kursi, jangan cari kata yang berkaitan dengan kursi aja, siapa tau kamu akan expand untuk jual furniture lain
  3. Lebih pendek, biasanya lebih baik – terlebih di bisnis online, customer harus mengetikkan

Nama bisnis Anda tidak akan membuat atau menghancurkannya, namun tetap penting. Berikut ini beberapa kiat untuk memilih nama bisnis yang bagus:

  • Jelas, bukan pintar Nama Anda harus mudah dimengerti dan dieja.
  • Pilihlah nama yang tidak terlalu membatasi Anda Anda mungkin mulai menjual kursi, tetapi Anda menginginkan nama yang memungkinkan Anda untuk memperluas penjualan ke furnitur lain atau bahkan barang lain sama sekali.
  • Singkat biasanya lebih baikHal ini terutama berlaku untuk bisnis online di mana pelanggan Anda mungkin perlu mengetikkan URL dan pegangan media sosial Anda.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam menemukan ide kreatif untuk perusahaan Anda, Anda bisa mencoba penghasil ide nama bisnis gratis kami.

Anda juga harus memastikan bahwa Anda tidak melanggar merek dagang atau nama bisnis yang sudah ada. Jika Anda berada di AS, Anda bisa mencari tahu apakah sebuah nama tersedia atau tidak di situs web pemerintah lokal negara bagian Anda.


Buat Bisnismu naik level

Konsultasikan permasalahan bisnismu gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to content